Posted by: tonyteaching | May 25, 2020

Governance vs. Management: Gimana bentuknya? (COBIT)

Governance ensures that:

  • Stakeholder needs, conditions and options are evaluated to determine balanced, agreed-on enterprise objectives. (‘Evaluation‘/E)
  • Direction is set through prioritization and decision making. (‘Direction/D‘)
  • Performance and compliance are monitored against agreed-on direction and objectives.”

Management plans, builds, runs, and monitors activities, in alignment with the direction set by the governance body, to achieve the enterprise objectives. (COBIT)

Sejak COBIT 5, Tata Kelola (Governance) dan Manajemen (Management) telah dibedakan baik secara struktur organisasi, aktivitas, maupun tujuan yang ingin dicapai.

Tata Kelola (Governance) dilaksanakan oleh struktur Dewan Direktur untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas Strategis, yakni “EDM (5 Proses)
Evaluate (E): mengevaluasi apakah Tujuan-Tujuan Organisasi telah sesuai dengan Kebutuhan Bisnis (termasuk keinginan Pemegang Saham)?
Direct (D): menjaga Manajemen untuk tetap berjalan menuju arah Tujuan Organisasi (Mengarahkan) dalam bentuk Prioritisasi dan Pengambilan Keputusan strategis, seperti prioritisasi budgeting, prioritasi proyek dalam jangka menengah dan panjang, Keputusan Merger, dll.
Monitor (M): memantau kinerja dan pencapaian indikator kinerja (KPI) Manajemen terhadap target KPI, sasaran, dan tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Manajemen (Management) dilaksanakan oleh struktur Manajer ke bawah, termasuk Manajer, Supervisor, dan Staf operasional untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas Operasional, yakni:
Plan (APO: Align, Plan, & Organize = 14 Proses)
Build (BAI: Build, Acquire, & Implement = 11 Proses)
Run (DSS: Deliver, Service, & Support = 6 Proses)
Monitor (MEA: Monitor, Evaluate, & Assess = 4 Proses)

Total COBIT 2019 mendefinisikan 40 Tujuan (“Objectives”) Tata Kelola & Manajemen (Governance & Management Objectives) dimana setiap Objective terkait dengan 1 Proses dengan nama sama dan dengan beberapa Component Tata Kelola dan Manajemen IT yang lain.

Catatan:
“COBIT 2019 Core Model” mendefinisikan 40Governance & Management Objectives” (COBIT 5: 37 Proses) yang harus dicapai oleh 1 hingga 7 Governance System Components (salah satunya Proses, COBIT 5: 7 Enablers).

4 Objectives baru pada COBIT 2019 yang belum ada prosesnya pada COBIT 5 adalah sebagai berikut:
APO14- Managed Data.
BAI01- Managed Programs (di COBIT 5 Manage Programs digabung dengan Manage projects)
BAI11- Managed Projects (di COBIT 5 Manage Programs digabung dengan Manage projects)
MEA04- Managed Assurance

40 Objectives of Governance & Management
7 Components of Governance System

Leave a comment

Categories