Posted by: tonyteaching | March 22, 2011

t-test: Apakah nilai dua kelompok data ini ‘BERBEDA’?

Seringkali kita ingin membandingkan antara dua populasi, apakah kedua populasi tersebut sama atau berbeda untuk nilai variable tertentu.
Misal: kita ingin menjustifikasi bahwa Nilai mahasiswi di jurusan saya lebih tinggi dari Nilai mahasiswa.

Nah…biasanya kita nggak mungkin mengambil data dari semua populasi, sehingga kita hanya mengambil sample dari masing-masing populasi.

Bagaimana kita membandingkannya??

Biasanya kita membandingkan nilai dua kelompok data dengan menggunakan membandingkan Mean dari masing-masing kelompok Sample.

Pertanyaannya: jika kita telah mengetahui Mean dari dua kelompok sample Berbeda, apakah kita bisa menarik kesimpulan bahwa Mean dari ke dua Populasinya juga berbeda??

Contoh kasus:

Saya mau minta pendapat dari 17 mahasiswi (cewek) dan 17 mahasiswa (cowok) saya tentang Penelitian dengan menggunakan hewan sebagai object nya apakah Jahat/Kejam atau Tidak. Pertanyaan berupa Likert Scale 1-7 dari “Sangat Tidak Jahat” sampai “Sangat Jahat Sekali”

Ternyata hasil yang saya peroleh data:

Banyak sample     Mean        Variance

Mahasiswi (cewek)……..17…………………..5,35 …………….2,74

Mahasiswi (cowok)……..17…………………..3,88 …………….2,99

Disini kita lihat, ternyata berdasar nilai Mean, Mahasiswi berpendapat lebih Jahat daripada Mahasiswa..yakni dengan selisih nilai Mean 1,47 lebih tinggi.

Benar……jika kita mengatakan Nilai Mean kedua kelompok sample itu Berbeda, dan Sample Mahasiswi berpendapat “lebih jahat” daripada sample Mahasiswa.

Tetapi nilai ini tidak penting, jauh lebih penting kesimpulan apakah berarti Mean Populasi Mahasiswi “Lebih Jahat” dari Mean Populasi Mahasiswa?

Untuk menarik kesimpulan Perbedaan pada level POPULASI, ada 3 asumsi yang harus dipenuhi:

1. Ke dua populasi memiliki nilai Variance yang sama (homogeneity of variance)

2. Nilai data kedua populasi sama-sama terdistribusi Normal

3. Masing-masing kelompok sample Independent terhadap nilai data kelompok lain. Maksudnya satu kelompok sample menghasilkan satu kelompok data. Kelompok data yang lain diambilkan dari kelompok sample yang lain.

Null Hypothesis nya (dugaan awal) adalah “Selisih antara kedua Mean Populasi=0” atau “Kedua Populasi TIDAK BERBEDA


Responses

  1. saya mau bertanya mas.. ika saya ingin menlakukan ui beda rata2 dua pihak terhadap 2 sampel yg berbeda, harus menggunkan uji apa ya?
    sampel wanita sbyk 24 org dan pria 68 org.
    uji apa saja yg harus diperlukan??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: