Posted by: tonyteaching | September 16, 2010

Tanpa Sadar kita sering melakukan Inferential Statistics

Kita sering menarik kesimpulan dari sample kecil yang kita ambil, yg bisa jadi mewakili atau sama sekali tidak mewakili populasi yang ingin kita amati.

  • Saat kita mau membeli jeruk misalnya, dari jeruk satu keranjang besar, kita ambil 1 jeruk saja itupun dibagian atas (malah seringkali jeruk yang sudah dikuliti & disediakan penjualnya)..kita rasakan..terus kita bilang “wah, manis nih jeruknya…ya udah saya ambil 1 kg”….benarkah semua jeruk di keranjang itu manis semua? apakah 1 jeruk tadi mewakili mungkin sekitar 1000 jeruk yang lain?
  • Saat saya dikelas pengin memastikan apakah semua mahasiswa saya faham kuliah saya, saya bertanya ke 5 orang mahasiswa yang duduk di depan: “Mas/Mbak udah faham belum?”..ke-lima mahasiswa yang duduk dikursi depan tadi semua menjawab faham. Apakah benar semua mahasiswa saya yang berjumlah 30 orang dalam kelas tadi faham semua? apakah 5 orang yang duduk di depan mewakili semua mahasiswa di kelas?
  • Masih di kelas saya, selesai memberi kuliah saya pengin menguji apakah materi kuliah saya sudah dipahami semua mahasiswa atau tidak, maka saya menulis beberapa soal di papan tulis dan menguji, “ayo silahkan sukarelawan maju ke depan mengerjakan soal ini!” ternyata ada 7 orang yang bersedia maju dari 30 orang mahasiswa saya di kelas dan semua jawabannya benar. Dari hal itu saya menyimpulkan bahwa kuliah saya dimengerti oleh semua mahasiswa, baik wanita maupun pria, baik yang pinter maupun yang nggak pinter, baik yang pemalu maupun yang pemberani. Benarkah?

Leave a Reply

Categories

