Posted by: tonyteaching | September 16, 2010

bagaimana Distribusi Data-nya?

Sering saya memperoleh pertanyaan ‘Gimana Distribusi Data-nya” “How is the data distribution?”..”Is it Normal or not?”..Nah apa sich benernya yang dimaksud dengan ‘Distribusi Data’.

Distribusi data = Sebaran Data

intinya kita pengin melihat karakteristik data kita dilihat dari FREQUENCY (banyaknya item atau case) setiap Nilai data.
Kalau digambarkan dalam Sumbu X-Y: Sumbu Y selalu FREQUENCY…Sumbu X adalah Data Continuous (dalam SPSS bisa Scale atau Ordinal), lalu kita bikin diagram Batang untuk setiap Nilai item Data Continuous berapa  item yang ada (Frequency)? (Diagram Batang untuk menunjukkan Frekuensi atau Sebaran Data disebut “Histogram” bukan sekedar ‘Bar chart’ biasa) Nilai item itu bisa nilai spesifik/tunggal (contoh: umur respondents ditulis detail semua 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16 tahun) atau bisa kelompok nilai (contoh: 10-13 tahun, 14-16 tahun)

Naaah…jika dilihatGrafil Batang dan Garis Puncaknya bisa berbentuk seperti Gunung atau kalo orang barat nyebutnya seperti BELL makanya disebut Bell-diagram atau Bentuk Normal…bisa Normal-nya Simetris, bisa Mencong ke Kiri (Lebih banyak data di sebelah Kanan Median= Possitively Skewed Distribution), bisa Mencong ke Kanan (Lebih banyak data disebelah Kiri median = Negatively Skewed Distribution).

Ini nih contohnya:

Yang harus diingat adalah kita TIDAK BISA (Tidak Cocok) meminta gambaran distribusi data untuk Data Categorical (Data kelompok yang tidak bisa dibandingkan atau tidak punya tingkatan) contoh: menampilkan sebaran data jenis kelamin Laki-Laki dan Perempuan, atau Warna merah, kuning, hijau….Sumbu X (data yang diamati) haruslah Data CONTINUOUS (Scale atau ORDINAL)!

Contoh pertanyaan sebaran data misalnya:saya pengin mengetahui Distribusi (Sebaran) Data

* Nilai Mahasiswa (bisa dalam bentuk data continuous ANGKA atau Ordinal seperti A,B,C,D,E): Nilai 0-20, 21-40, 41-60, 61-80, 81-100 atau E,D,C,B,A

* Organisasi penerima Dana Kesehatan dari pemerintah (dana 10M-20M berapa organisasi, >20M-30 M, >30-40 M, >40 – 50M)

* Attitude/Sikap terhadap Menggunakan SMS layanan publik (Sangat Positif berapa orang, Positif, agak Positif, Netral, Agak Negatif, Negataif, Sangat Negatif)

SPSS:

Di SPSS kita bisa menganalisis distribusi data ini di Menu:
Analyze –> Descriptive Analysis –> Frequencies (karena analisis kita berdasar frequency…nah di bagian ‘Chart’ pilih “Histogram” & aktifkan “Show Normal Curve..”

Contoh: data pengaruh pelatihan IT saya terhadap banyak konsumen yang terlayani. Di sini saya hanya ingin melihat bagaimana distribusi data Banyak Pekerja yang mampu melayani untuk setiap Number of Konsumen:

Grafik ini menunjukkan bahwa Rata-Rata (Mean) Karyawan hanya mampu melayani 5 Konsumen setiap bulannya. Nilai tengah (Median) banyak konsumen terlayani adalah 4 Konsumen.

Banyak Sample yang diamati: 38 karyawan

Konsumen terbanyak yang terlayani oleh satu orang karyawan adalah 13 konsumen, itupun hanya ada 1 orang karyawan yang mampu.

Mayoritas karyawan (Mode) yakni 9 karyawan hanya mampu melayani 4 konsumen setiap bulannya.

Distribusi data ini Miring Ke Kiri (Lebih banyak data di sebelah Kanan Median= Possitively Skewed Distribution) atau Puncak Kurva lebih ke kiri dari median artinya Lebih banyak karyawan yang baru bisa melayani SEDIKIT Konsumen…hanya sedikit karyawan yang mampu melayani jumlah konsumen di atas nilai median.

__________

HATI-HATI:

Diagram Distribusi khususnya Diagram Normal biasanya dipake juga untuk melihat Distribusi Probabilitas/Kemungkinan Nilai suatu kejadian. Contoh: distribusi probabilitas dua buah dadu menghasilkan jumlah 1, 2 , 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12

Jadi kesimpulannya…Diagram Distribusi dapat kita gunakan untuk menganalisa Frequency (banyak item) sembarang Continuous atau Ordinal Data atau banyak kejadian suatu probabilitas

*** Nah sekarang, sesduah kita faham apa itu Distribusi Data, Bagaimana menampilkannya dengan SPPS, dan Bagaimana menganalisisnya, pertanyaan lanjutannya adalah: KENAPA KITA BUTUH TAHU Distribusi Data kita?? 🙂

Jawabnya ada dua kemungkinan:

1. Bisa jadi kita atau bos kita memang pengin tahun bagaimana sebaran data kita berdasarkan banyak item (frequency) untuk setiap nilai data, dan atau..

2. Kita pengin menentukan apakah kita selanjutnya memakai Parametric Statistics atau Nonparametric Statistics? : jika distribusi data kita Distribusi Normal maka kita bisa memakai Parametric Statistics, jika tidak atau tidak tahu kita makai  Nonparametric Statistics

Apa itu Parametric dan Nonparametric Statistics…dibagian posting berikutnya kita obrolin.


Responses

  1. […] Distribusi Data ..coba lihat kembali posting Bagaimana Distribusi Datanya Disini kita plot histogram Frequency (banyaknya item) untuk setiap Nilai data dan kita gambar Curva […]

  2. […] kita membentuk gunung dengan kaki simetris kanan-kiri. Lebih jelasnya buka lagi posting saya di “Bagaimana distribusi Datanya?” dan “Descriptive […]

  3. wah, terima kasih ya🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: