Posted by: tonyteaching | September 12, 2010

Membandingkan Continuous vs Categorical (perbandingan Kinerja karyawan yg ikut Pelatihan & yg tidak)

Kasus:
Saya kebetulan pengin menguji efek sebuah Pelatihan IT yang saya jalankan terhadap Kinerja pegawai peserta pelatihan. Ada dua kelompok pekerja yang saya amati: kelompok pertama TIDAK mengikuti pelatihan (saya kasih kode kelompok=1), kelompok ke dua MENGIKUTI pelatihan IT yang saya adakan (saya kasih kode kelompok=2). Tiap pekerja/karyawan diidentifikasi berdasarkan NIP-nya. Selanjutnya saya mencatat kinerja setiap karyawan satu bulan sesudah pelatihan, baik di kelompok 1 maupun kelompok 2. Kinerja karyawan ini diukur dari banyaknya konsumen yang berhasil ditangani.

Jadi disini saya tetapkan jenis data di SPSS (Measure): NIP adalah Ordinal karena meski angka tetapi tidak memiliki arti hanya beda tingkatan, Kinerja adalah Scale, dan Pelatihan adalah Nominal karena ini hanya pengelompokan saja 1=tidak ikut 2=ikut. Data yang saya punyai sebanyak 38 karyawan:

Pertanyaan yang ingin dijawab dari data ini adalah:

Apakah Pelatihan IT yang saya adakan memiliki pengaruh yang significant terhadap peningkatan kinerja karyawan?

Di sini analisis data yang saya akan lakukan yaitu:
Analisis perbedaan atau perbandingan
– antara one -to – one (hanya dua variables) kelompok data: Continuous versus Categorical

–> Maka metode analisis yang cocok adalah:

Z-test : untuk membandingkan means atau rata-rata dua populasi yang berbeda dengan jumlah sampelnya lebih atau sama dengan 30,

T-test : untuk membandingkan means atau rata-rata dua populasi yang berbeda dengan jumlah sampelnya kurang dari 30


Leave a Reply

Categories

