Posted by: tonyteaching | September 16, 2010

Simple Random Sampling

Milih Sample secara Acak & sederhana (sa’ senenge!!)

Dalam statistics, kita percaya kalo kita milih sampel secara acak maka kemungkinan besar sample yang kita ambil itu ‘bisa mewakili’ populasi yang pengin kita analisis. Pengertian ‘Random’ atau ‘Acak’ disini adalah metode pemilihan sample kita musti menjamin setiap sample memiliki peluang yang sama besarnya (termasuk ketika sebuah sample sudah dipilih).

Contoh: Saya punya 10 kelereng dalam kantung. Sekarang saya mau milih secara acak 3 kelereng. Maka dalam 10 kelereng itu tiap-tiap kelereng musti memiliki peluang saya ambil sebesar 1/10! sehingga ketika saya telah mengambil satu kelereng dan menandainya (mencatatnya) maka kelereng itu harus saya kembalikan ke kantong agar peluang kelereng yang lain tetap 1/10 bukan 1/9. Tapi nanti kelereng tadi bisa kepilih lagi donk? ya bisa jadi!..tapi kan peluangnya tetap 1/10, kalo kita menghendaki sample yang beda kita kembalikan lagi aja sample yang kepilih lagi tadi ke kantong dan milih lagi.

Jika prinsip kesamaan peluang tadi dilanggar maka sample kita bisa jadi bias terhadap populasi. Begitulan prinsip ‘Simple Random Sampling’

*** Pertanyaan lanjutannya: apa benar asal kita milih RANDOM ‘pasti’ mewakili seluruh populasi? misal saya punya populasi 100 ayam, terus saya milih 2 ayam secara acak..apakah kondisi 2 ayam tadi mewakili kondisi seluruh 100 ayam saya?

Jawabnya: tergantung Ukuran Sample kita mas! (Sample Size) kita..metode Acak-nya udah benar, cuman ukuran sample nya yang nggak cukup mewakili. Mangkanya dalam Inferential Statistics, sample size mempengaruhi (sensitive) generalisasi kesimpulan yang diambil.

Terus berapa syarat minimal Sample Size yang mewakili??? naaah itu aku isih kudu sinau sik! :)

Okay kalo belum bisa njawab sekarang..sekarang pertanyaan saya ke dua mas:
Misal saya punya 1000 ayam di kandang..naah dari 1000 ayam itu 400 ayam betina (boiler semua), 100 ayam Jantan (75 ayam kampung, 25 ayam Bankok), 500 anak ayam (250 ayam boiler, 50 ayam bangkok, 200 ayam kampung). Pertanyaannya: apakah kalo semua ayam ini saya masukkan dalam satu kandang (semuanya saya campur jadi satu) terus mata saya saya tutup terus saya lompat milih ayam sekenanya…ini kan disebut Simple Random Sampling ya?..nah apakah ayam yang saya tangkap bakalan mewakili kondisi seluruh ayam yang ada mas??

Jawab: …Naaah dalam kasus ini kita musti selalu lihat karakteristik sample nya, benarkah setiap sample memiliki peluang dipilih yang sama??? hati-hati metode milih kita!..bisa jadi kalo kamu milihnya pake nomor..contoh semua ayam kamu kasih nomor, terus nulis di Excel pake formula =RANDBETWEEN(1,1000) yang menghasilkan angka secara random dari 1 sampai 1000…naaah ini baru fair karena setiap ayam bisa kepilih secara acak dan sama peluangnya. Cuman kalo kamu milihnya pake fisik lompat ke kandang, jelas nggak fair donk!! si Ayam yang sehat kaya’ ayam Jago Bangkok bakalan mudah menghindar, cuman anak ayam yang kecil dan lagi sakit bisa berulang kali kamu tangkep..naah peluang nya kan jadi nggak sama!!..

Jadi intinya…Random Sampling itu lebih pada ketepatan Metodologi Milih Sample sehingga setiap sample punya Peluang yang Sama untuk diPilih, bukan masalah hasilnya krn meski metodenya tepat (random sampling) hasil sll aja ada kemungkinan bias, yg bisa kita lakukan maksimal adalah metode/caranya nggak bias yakni dengan cara selalu memastikan saat milih setiap item populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih!

Mangkanya disini disebut Simple Random Sampling…karena cara milih acak yang paling sederhana: semua dikumpulkan jadi satu terus dipilih acak. Naah kalo mau make metode Random Sampling yang lebih cermat pake Stratified Sampling..baca di posting berikutnya! :)

Contoh BUKAN Random Sampling:

- Milih any mahasiswa yang keluar dari gerbang depan kampus jam 10 -11 pagi untuk mewakili semua mahasiswa
- Milih bayi dengan nama awalan T dan R untuk mewakili semua bayi
- Milih setiap nama ke-5 dari daftar nama mahasiswa untuk mewakili semua mahasiswa

Kenapa mereka Nggak Random Sampling, karena metode pemilihan itu sendiri nggak Acak tetapi sudah ditentukan!

terakhir..nih kalo mau nyoba simulasi Simple Random Sampling klik di sini

Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

